PENGARUH KELAS IBU HAMIL TERHADAP KESIAPAN PERSALINAN PADA IBU HAMIL TRIMESTER III PUSKESMAS SUKORAME KOTA KEDIRI TAHUN 2016

  • Halimatus Saidah

Abstract

Tingginya angka kematian ibu dan bayi pada saat persalinan disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah kesiapan ibu dan keluarga dalam meng­ha­­dapi persalinan, baik kesiapan fisik maupun psikis selain tentunya kondisi fa­­silitas kesehatan. Tujuan penelitian adalah pengaruh kelas ibu hamil ter­ha­dap kesiapan persalinan pada ibu hamil trimester III Puskesmas Sukorame Ko­ta Kediri Tahun 2016. Desain penelitian yang digunakan adalah pre ex­pe­ri­mental design dengan jenis rancangan one group pre and posttest desaign un­tuk mengetahui pengaruh pengaruh kelas ibu hamil terhadap kesiapan per­sa­linan pada ibu hamil trimester III dengan pendekatan cross sectional. Hasil uji statistik dengan wilcoxon didapatkan hasil p=0,008 dengan α=0,05. Ke­sim­pulan adalah ada pengaruh kelas ibu hamil terhadap kesiapan persalinan pa­da ibu hamil trimester III Puskesmas Sukorame Kota Kediri Tahun 2016. Sa­ran penelitian ini adalah mengikuti pengaruh  kelas ibu hamil  diharapkan res­­ponden (ibu hamil) dapat meningkatkan kesiapan persalinan. Baik ke­sia­pan fisik, kesiapan mental maupun kesiapan sarana menghadapi persalinan.

Published
2017-04-03
How to Cite
SAIDAH, Halimatus. PENGARUH KELAS IBU HAMIL TERHADAP KESIAPAN PERSALINAN PADA IBU HAMIL TRIMESTER III PUSKESMAS SUKORAME KOTA KEDIRI TAHUN 2016. Java Health Jounal, [S.l.], v. 4, n. 1, apr. 2017. ISSN 2622-9390. Available at: <http://jhj.fik-unik.ac.id/index.php/JHJ/article/view/111>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.1210/jhj.v4i1.111.