ANALISIS JALUR TENTANG FAKTOR BIOPSIKOSOSIAL EKONOMI PADA MASA GESTASI DENGAN KEJADIAN STUNTING DAN PERKEMBANGAN PADA BALITA DI PUSKESMAS BAGOR KABUPATEN NGANJUK

  • Erike Yunicha Viridula

Abstract

Sebagian balita sering mengalami stunting dan respon keluarga terhadap penanganan stunting akan berdampak pada perkembangan balitayang sesuai.Tujuanuntuk menganalisis jalur tentang hubungan antara faktor biopsikososial ekonomi pada masa gestasi dengan Kejadian Stunting dan Perkembangan pada Balita Di Puskesmas Bagor Kabupaten Nganjuk Tahun 2016. Desain penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian analitik komparasi dengan pendekatan cross sectional.Populasisemua balita yang berada di Puskesmas Bagor Kabupaten Nganjuk Tahun 2016. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada hubungan antara pendapatan keluarga dengan perkembangan balita yaitu secara tidak langsung, melalui Lila Ibu dan BBLR. Perkembangan berhubungan dengan bertambahnya status mental yang semuanya berkaitan dengan status gizi, kemampuan motorik, kemampuan verbal serta sosialisasi serta kemandirian..Hasil penelitian memahami pentingnya perawatan pada masa gestasi terutama pemenuhan asupan nutrisi selama masa gestasi dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin didalam kandungan sehingga tidak terjadi masalah atau gangguan pertumbuhan dan perkembangan selama golden age period pada balita. Selain itu kaum perempuan juga harus menyadari pentingnya gizi bagi mereka sendiri dalam mempersiapkan kehamilannya untuk melahirkan bayi dengan kualitas tumbuh kembang yang baik.

Published
2017-04-03
How to Cite
VIRIDULA, Erike Yunicha. ANALISIS JALUR TENTANG FAKTOR BIOPSIKOSOSIAL EKONOMI PADA MASA GESTASI DENGAN KEJADIAN STUNTING DAN PERKEMBANGAN PADA BALITA DI PUSKESMAS BAGOR KABUPATEN NGANJUK. Java Health Jounal, [S.l.], v. 4, n. 1, apr. 2017. ISSN 2622-9390. Available at: <http://jhj.fik-unik.ac.id/index.php/JHJ/article/view/216>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.1210/jhj.v4i1.216.