Perbedaan Efektifitas Teknik Relaksasi Nafas Dalam Dan Aromaterapi Jeruk Terhadap Intensitas Nyeri Haid (Dismenorhea) Pada Remaja Di Asrama ABIM

  • Sri Lestari
  • Nany Nita Noviana

Abstract

Nyeri haid (dismenorrhea) pada remaja putri yang sampai mengganggu aktifitas dan produktifitas remaja putri.Tujuan untuk mengetahui perbedaan efektifitas teknik relaksasi nafas dalam dan aromaterapi jeruk terhadap intensitas nyeri haid (dismenorea) pada remaja putri di asrama Universitas Kadiri tahun 2017. Desain penelitian yang dilakukan pre experimental dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh remaja putri yang mengalami dismenorea di Asrama Universitas Kadiri tahun 2017. Jumlah populasi pada bulan Maret 2017 sebanyak 42 orang. Hipotesa penelitian ini yaituH1 berbunyi ”ada“Perbedaan Efektifitas Teknik Relaksasi nafas dalam dan Aromaterapi jeruk terhadap Intensitas Nyeri haid (Dismenorea) pada Remaja di Asrama Universitas Kadiri tahun 2017.Hasil penelitian ini diharapkan membuka wawasan dan mau menerima informasi terkait teknik-teknik dalam mengurangi nyeri haid.

Published
2019-11-19
How to Cite
LESTARI, Sri; NITA NOVIANA, Nany. Perbedaan Efektifitas Teknik Relaksasi Nafas Dalam Dan Aromaterapi Jeruk Terhadap Intensitas Nyeri Haid (Dismenorhea) Pada Remaja Di Asrama ABIM. Java Health Jounal, [S.l.], v. 6, n. 2, nov. 2019. ISSN 2622-9390. Available at: <http://jhj.fik-unik.ac.id/index.php/JHJ/article/view/296>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.1210/jhj.v6i2.296.