Eksplorasi Fitokimia Bahan Alam Sebagai Stimulus Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat

  • Mujtahid bin abd
  • Putri Wahyu Wigati

Abstract

Penelitian yang memiliki konsep utama untuk mengeksplorasi bahan alam lokal dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Jantung pisang merupakan salah satu bahan alam yang dapat meningkatkan produksi ASI. Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan yang terbaik bagi bayi dan setiap bayi berhak untuk mendapatkannya. Jantung pisang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI yang mengandung laktogogum yaitu zat gizi yang mampu melancarkan ASI. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh konsumsi ekstrak jantung pisang terhadap kelancaran ASI pada ibu nifas di wilayah kerja Puskesmas Balowerti Kota Kediri.


Metode penelitian yang digunakan adalah metode one group pre test post test design. Populasi yang diteliti adalah seluruh ibu nifas yang pengeluaran ASI nya tidak lancar dengan sampel 15 responden. Tekhnik yang digunakan adalah acidental sampling kemudian menggunakan uji Wilcoxon.


Hasil Penelitian yang menunjukan kelancaran ASI pada ibu nifas sesudah konsumsi ekstrak jantung pisang lebih banyak dibandingkan sebelum konsumsi ekstrak jantung pisang. Hasil analisis menunjukan ( α = 0,05 diperoleh ρ value = 0,001 sehingga ρ value < α  diartikan H0 ditolah H1 diterima ) ada pengaruh konsumsi ekstrak jantung pisang terhadap kelancaran ASI di wilayah kerja Puskesmas Balowerti Kota Kediri tahun.


Kesimpulan seluruh ibu nifas sebelum konsumsi ekstrak jantung pisang ASI nya tidak lancar (100%). Hampir seluruh responden sesudah konsumsi ekstrak jantung pisang ASI nya lancar (80,0 %). Ada pengaruh pemberian jantung pisang terhadap kelancaran ASI pada ibu nifas di wilayah kerja Puskesmas Balowerti Kota Kediri tahun.


 

Published
2016-11-02
How to Cite
ABD, Mujtahid bin; WIGATI, Putri Wahyu. Eksplorasi Fitokimia Bahan Alam Sebagai Stimulus Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat. Java Health Jounal, [S.l.], v. 3, n. 2, nov. 2016. ISSN 2622-9390. Available at: <http://jhj.fik-unik.ac.id/index.php/JHJ/article/view/301>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.1210/jhj.v3i2.301.