PENGARUH EXSTRAK ETANOL BIJI JINTEN HITAM (Nigella Nativa) TERHADAP KADAR LDL-C dan HDL-C SERUM TIKUS (Rattus Novergicus) DIABETES MILITUS

  • Prayoga F. Yuniarto
  • Elly Rakhmawati

Abstract

Diabetes mellitus tipe 2 (DM 2) merupakan gangguan metabolik kronik yang terjadi ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkannya. Salah satu komplikasi yang muncul akibat DM 2 adalah dislipidemia yang ditandai dengan kenaikan kadar kolesterol-LDL dan penurunan kadar kolesterol-HDL darah. Ekstrak biji jintan hitam Indonesia mengandung sejumlah bahan aktif antara lain thymoquinone, tanin dan vitamin C yang mampu berperan sebagai antidiabetik serta asam linoleat (PUFA) yang mampu berperan sebagai antidislipidemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek terapi ekstrak biji jintan hitam Indonesia terhadap kadar kolesterol-LDL dan HDL serum tikus model diabetes mellitus tipe 2.


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), sampel terdiri dari 24 tikus wistar jantan (Rattus novergicus) dengan 6 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah K(-) (tikus sehat); K(+) (DM 2, metformin 45 mg/kg BB) dan 4 perlakuan ekstrak biji jintan hitam Indonesia yaitu K1 (DM 2, dosis 0 mg/kg BB); K2 (DM 2, dosis 24 mg/kg BB); K3 (DM 2, dosis 48 mg/kg BB); dan K4 (DM 2, dosis 72 mg/kg BB). Untuk mengukur kadar kolestrol-LDL digunakan metode direct homogenenous assay menggunakan reagent dari Cobas sedangkan untuk mengukur kadar kolesterol-HDL menggunakan reagent dari BioSystems dengan metode serupa. Data di uji dengan ANOVA satu jalur dan dilanjutkan uji DMRT 5%.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji ANOVA diperoleh p < 0,05. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh pemberian ekstrak biji jintan hitam Indonesia terhadap kadar kolesterol-LDL dan HDL serum tikus. Dosis pemberian ekstrak biji jintan hitam Indonesia yang paling efektif untuk meningkatkan kadar kolesterol-HDL dan menurunkan kadar kolesterol-LDL adalah pada dosis 48 mg/Kg BB dengan pengaruh yang sangat nyata terhadap kadar kolesterol-HDL. Dosis 72 mg/Kg BB cukup efektif untuk menaikkan kadar kolesterol-HDL, tetapi tidak lebih baik untuk menurunkan kadar kolesterol-LDL dibanding dosis 24 mg/Kg BB.

Published
2020-10-13
How to Cite
YUNIARTO, Prayoga F.; RAKHMAWATI, Elly. PENGARUH EXSTRAK ETANOL BIJI JINTEN HITAM (Nigella Nativa) TERHADAP KADAR LDL-C dan HDL-C SERUM TIKUS (Rattus Novergicus) DIABETES MILITUS. Java Health Jounal, [S.l.], v. 4, n. 1, oct. 2020. ISSN 2622-9390. Available at: <http://jhj.fik-unik.ac.id/index.php/JHJ/article/view/325>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.1210/jhj.v4i1.325.