Cost Effectiveness Analysis Penggunaan Antibiotik Ampicillin dan Ceftriakson pada pasien demam tifoid di RSUD Kota Kediri

  • Anggi Restyana
  • Neni Probosiwi

Abstract

Demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan peradangan pada saluran pencernaan akibat infeksi bakteri Salmolella typhi. Pengobatan untuk demam tifoid berupa terapi simtomatik dan terapi antibiotik. Cost-effectiveness Analysis (CEA) adalah salah satu pendekatan  farmakoekonomi  untuk  mengetahui  perbandingan  efektifitas  hasil  terapi  dan biaya dari beberapa alternative terapi yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas biaya dari terapi antibiotik yang digunakan untuk pasien rawat inap demam tifoid di RSUD Kota Kediri periode tahun 2018.


Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain deskriptif dengan pengambilan data secara retrospektif. Data diambil dari rekam medis pasien rawat inap demam tifoid di RSUD Kota Kediri. Parameter yang digunakan adalah lama rawat inap dan total biaya medis langsung yang meliputi biaya perawatan dan ruang, biaya pemeriksaan laboratorium, dan biaya obat.


Pasien yang sesuai dengan kriteria inklusi berjumlah 28 pasien. Antibiotik yang digunakan adalah ciprofloxacin, levofloxacin tablet, levofloxacin i.v., dan seftriakson. Efektifitas biaya dinyatakan dalam ACER (average cost-effectiveness ratio) yang diperoleh dari rerata biaya medis langsung dibagi dengan outcome klinis (% efektifitas terapi). Nilai ACER dari antibiotik levofloxacin tablet sebesar Rp. 3.025.498, levofloxacin i.v. sebesar Rp.


2.786.150, seftriakson sebesar Rp. 3.092.069, sedangkan ciprofloxacin tidak memiliki nilai ACER karena nilai efektifitasnya 0% . Antibiotik yang paling cost-effective adalah levofloxacin i.v. karena memiliki nilai ACER yang paling kecil.

Published
2020-04-02
How to Cite
RESTYANA, Anggi; PROBOSIWI, Neni. Cost Effectiveness Analysis Penggunaan Antibiotik Ampicillin dan Ceftriakson pada pasien demam tifoid di RSUD Kota Kediri. Java Health Jounal, [S.l.], v. 7, n. 1, apr. 2020. ISSN 2622-9390. Available at: <http://jhj.fik-unik.ac.id/index.php/JHJ/article/view/329>. Date accessed: 16 june 2021. doi: https://doi.org/10.1210/jhj.v7i1.329.