DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA YANG MENGALAMI HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKORAME

  • Neni Probosiwi
  • Yuneka Saristiana

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit yang paling sering terjadi pada kelompok lansia. Lansia yang mengalami hipertensi secara terus menerus dan tidak mendapatkan pengobatan serta pengontrolanyang  tepat dapat berakibatburukpada kualitashidupnya.Keluarga merupakan system pendukung utama bagi lansia dalam mempertahanan kesehatannya. Dukungan keluarga akan menambah rasa percaya diri dan motivasi untuk menghadapi masalah dan meningkatkan kepuasan hidup lansia..Tujuanpenelitian Untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup lansia yang mengalami hipertensi diwilayahkerja Puskesmas sukorame


Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan desain crosssectional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang berupa pertanyaan tentang dukungan keluarga dan kualitas hidup lansia.. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 lansia yang mengalami hipertensi dan tinggal bersama keluarganya diwilayah kerja Puskesmas sukorame dengan metode non probability sampling menggunakan teknik purposive sampling.


Hasil sebagian besar lansia mendapatkan dukungan keluarga baik yaitu sebanyak 51 lansia (55%) dan sebagian besar lansia memiliki kualitas hidup baik yaitu sebanyak 48 lansia(52%). Nilai p sebesar 0,000 yang berarti p<0,05 dannilaicorrelationcoefficient 0,893 yang artinya terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup lansia.


Sebagian besar responden memiliki dukungan keluarga dan kualitas hidup yang baik,serta terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup lansia yang mengalami hipertensi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi keluarga untuk memberikan dukungan terhadap lansia terutama bagi lansia hipertensi.

Published
2020-04-02
How to Cite
PROBOSIWI, Neni; SARISTIANA, Yuneka. DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA YANG MENGALAMI HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKORAME. Java Health Jounal, [S.l.], v. 7, n. 1, apr. 2020. ISSN 2622-9390. Available at: <http://jhj.fik-unik.ac.id/index.php/JHJ/article/view/331>. Date accessed: 16 june 2021. doi: https://doi.org/10.1210/jhj.v7i1.331.