Gambaran Terapi Penggunaan Obat Gangguan Jiwa Pada Pasien Skizofrenia Di Klinik Psikiatri Rs X Di Kediri

  • Elly Megasari
  • Elly Rakhmawati

Abstract

Skizofrenia merupakan gangguan kejiwaan dan kondisi medis yang mempengaruhi fungsi otak, fungsi normal kognitif, emosional, dan tingkah laku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Terapi Penggunaan Obat Gangguan Jiwa Pada Pasien Skizofrenia di Klinik Psikiatri RS X Kota Kediri. 


Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif retrospektif dengan populasi dan sampel seluruh rekam medis pasien Skizofrenia di Klinik Psikiatri RS X Kota Kediri bulan Januari-Mei 2018, dengan teknik pengambilan sampling adalah random sampling.


           Hasil penelitian sebagian besar pasien gangguan jiwa yang berdiagnosa skizofrenia berjenis kelamin laki-laki sebanyak 64 pasien (67%). Diagnosa skizofrenia terbanyak terdapat pada skizofrenia paranoid sebanyak 50 pasien (53%). Terapi obat yang diberikan pasien skizofrenia yang paling banyak digunakan adalah golongan antipsikotik atipikal yaitu sebanyak 57 pasien (60%). Kepatuhan minum obat pasien skizofrenia sebagian besar patuh minum obat sebanyak 86 orang responden (91%).

Published
2018-12-03
How to Cite
MEGASARI, Elly; RAKHMAWATI, Elly. Gambaran Terapi Penggunaan Obat Gangguan Jiwa Pada Pasien Skizofrenia Di Klinik Psikiatri Rs X Di Kediri. Java Health Jounal, [S.l.], v. 5, n. 2, dec. 2018. ISSN 2622-9390. Available at: <http://jhj.fik-unik.ac.id/index.php/JHJ/article/view/336>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.1210/jhj.v5i2.336.