Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Kota Kediri

  • Elly Rakhmawati
  • Lintang Bismantara

Abstract

Kepuasan pasien adalah perasaan senang  atau  kecewa  seorang  pasien  yang  muncul setelah membandingkan antara kesannya terhadap hasil  dan  harapan-harapannya.  Pelayanan Kefarmasian  adalah  suatu  pelayanan  langsung  dan  bertanggung  jawab  kepada pasien berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pasien rawat jalan  terhadap  variabel  kehandalan  (reliability), ketanggapan (responsivenes), keyakinan (assurance), empati (emphaty), dan penampilan (tangible) dari pelayanan kefarmasian pada Puskesmas  Alak  Kota  Kupang.  Jenis  penelitian ini adalah deskriptif yaitu dengan menggunakan lembar kuesioner sebagai instrumen  penelitian  kemudian  dihitung  persentase  rata-rata tingkat   kepuasan   pasien dan diklasifikasikan. Berdasarkan analisis data hasil  penelitian  yang  dilakukan  oleh peneliti terhadap 88 responden maka  diperoleh  simpulan,  tingkat  kepuasan  pasien terhadap variabel jaminan 84%, variabel  empati  84%,  variabel  ketanggapan  82%,  dimensi penampilan 80% dan variabel keha ndalan 79%. Sehingga rata-rata  tingkat kepuasan  pasien  rawat  jalan  terhadap  pelayanan   kefarmasian   di   Puskesmas   2018 secara keseluruhan sebesar 82%dengan klasifikasi kepuasan adalah sangat puas.

Published
2020-04-02
How to Cite
RAKHMAWATI, Elly; BISMANTARA, Lintang. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Kota Kediri. Java Health Jounal, [S.l.], v. 7, n. 1, apr. 2020. ISSN 2622-9390. Available at: <http://jhj.fik-unik.ac.id/index.php/JHJ/article/view/337>. Date accessed: 16 june 2021. doi: https://doi.org/10.1210/jhj.v7i1.337.