Uji Aktivitas Antijamur, Penentuan Konsentrasi Hambat Minimum (Khm) Dan Konsentrasi Bunuh Minimum (Kbm) Serta Klt-Bioautografi Ekstrak Etanol Daun Plethekan (Ruellia Tuberosa L.) Terhadap Candida albicans

  • Mujtahid bin abd Kadir
  • Victoria Anggraeni

Abstract

Plethekan mengandung beberapa senyawa aktif diantaranya triterpenoid, falvonoid, tanin dan alkaloid. Beberapa diantaranya dianggap memiliki aktivitas penghambatan terhadap jamur khususnya Candida albicans yang merupakan penyebab utama infeksi kandidiasis vaginalis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan senyawa yang terkandung didalam daun plethekan terhadap pertumbuhan jamur Candida albicans dalam uji aktifitas, KHM dan KBM, KLT-bioautografi.


 Daun plethekan diekstraksi maserasi selama 5 hari lalu dipekatkan dengan rotary evaporator vacum. Ekstrak yang dihasilkan dilanjutkan dengan uji identifikasi senyawa dengan fitokimia untuk senyawa triterpenoid, flavonoid, alkaloid, tanin dan saponin. Ekstrak pekat (0,1 g/mL) selanjutnya dilakukan uji aktivitas antijamur terhadap jamur Candida albicans dengan metode difusi cakram. Pengujian KHM dilakukan dengan metode dilusi cair untuk konsentrasi 10-25 mg/mL. Sedangkan pada penentuan KBM dilakukan dengan metode perhitungan jumlah koloni. Uji KLT-bioautografi dilakukan dengan menggunakan metode bioautografi kontak.


Hasil fitokimia menunjukkan senyawa aktif yang terkandung dalam ekstrak etanol daun plethekan adalah flavonoid, tanin dan triterpenoid.Uji aktivitas menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun plethekan mampu menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans dengan zona hambat sebesar 22,4 mm. Sedangkan pada hasil pengujian KHM dan KBM ekstrak etanol daun plethekan belum mampu menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans secara optimum. Pada pengujian KLT bioautografi, senyawa aktif yang menunjukkan aktivitas penghambatan terhadap jamur Candida albicans adalah triterpenoid.

Published
2020-04-02
How to Cite
ABD KADIR, Mujtahid bin; ANGGRAENI, Victoria. Uji Aktivitas Antijamur, Penentuan Konsentrasi Hambat Minimum (Khm) Dan Konsentrasi Bunuh Minimum (Kbm) Serta Klt-Bioautografi Ekstrak Etanol Daun Plethekan (Ruellia Tuberosa L.) Terhadap Candida albicans. Java Health Jounal, [S.l.], v. 7, n. 1, apr. 2020. ISSN 2622-9390. Available at: <http://jhj.fik-unik.ac.id/index.php/JHJ/article/view/343>. Date accessed: 16 june 2021. doi: https://doi.org/10.1210/jhj.v7i1.343.