ANALISIS HUBUNGAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI APOTEK PARE

  • Tsamrotul Ilmi
  • Laily Vitria Adhitama

Abstract

   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi bauran pemasaran (Marketing Mix) terhadap kepuasan konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Apotek Pare Kabupaten Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sempel dilakukan dengan teknik insidental sampling, dengan diperoleh data prospektif menggunakan kuisioner yang di dalamnya terdapat hubungan strategi bauran pemasaran (Marketing mix) terhadap kepuasan konsumen di Apotek Pare. Pengolahan data dilakukan secara elektronik dengan menggunakan progam komputer Statistical Package for Sosial Science (SPSS) versi 21. Hasil pengolahan data tersebut disajikan dalam bentuk narasi, tabel distribusi frekuensi disertai dengan interpretasi.


Berdasarkan hasil pengelolaan data menggunakan metode Spearman Rank Correlation didapatkan angka korelasi sebesar 0,812 yang bernilai positif, hal ini menyatakan bahwa adanya hubungan antara strategi bauran pemasaran dengan kepuasan konsumen Apotek Pare, adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya, yaitu faktor product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Hal ini dapat dibuktikan dari tanggapan responden yang cenderung menjawab setuju dan sangat setuju dengan persentase yang tinggi terhadap aspek-aspek strategi bauran pemasaran.

Published
2020-04-02
How to Cite
ILMI, Tsamrotul; ADHITAMA, Laily Vitria. ANALISIS HUBUNGAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DI APOTEK PARE. Java Health Jounal, [S.l.], v. 7, n. 1, apr. 2020. ISSN 2622-9390. Available at: <http://jhj.fik-unik.ac.id/index.php/JHJ/article/view/351>. Date accessed: 16 june 2021. doi: https://doi.org/10.1210/jhj.v7i1.351.