Pengaruh Penyuluan Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Pus Terhadap Pemeriksaan Iva Di Puskesmas Sukorame Kota Kediri

  • Sri Inti
  • Nikmatul Firdaus

Abstract

Kanker serviks adalah pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkontrol pada serviks atau leher rahim dan tergolong dalam keganasan yang dapa didiagnosa secara dini.Upaya untu melakukan pemeriksaan IVA yaitu pemeriksaan dengan cara melihat serviks yang telah diberi asam asetat 3-5% secara ins pekulo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan dan perilaku PUS tentang pemeriksaan IVA di wilayah kerja Puskesmas Sukorame Kota Kediri 


Desain penelitian yaitu  penelitian pra-eksperimental dengan desain penelitian one group pre test – post test. Populasi yang ditelitia dalah seluruh PUS yang ada di kelurahan pojok RT 7 B dengan  sampel yang diambil berjumlah 32 orang dengan teknik pengambilan sampek Accidental Sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji Wilcoxon.


 Hasil penelitian didapatkan ρ value (0,000) ˂ α= (0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan dan perilaku PUS tentang pemeriksaan IVA di Wilayah kerja Puskesmas Sukorame Kota Kediri. Berdasarkan hasil penelitian diharapakan bagi lahan penelitian mempertimbangkan pelaksanaan penyuluhan tentang pemeriksaan IVA secara continue sehingga seluruh PUS yang belum melakukan deteksi dini kanker serviks memiliki kesadaran untuk dideteksi.

Published
2020-04-02
How to Cite
INTI, Sri; FIRDAUS, Nikmatul. Pengaruh Penyuluan Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Pus Terhadap Pemeriksaan Iva Di Puskesmas Sukorame Kota Kediri. Java Health Jounal, [S.l.], v. 7, n. 1, apr. 2020. ISSN 2622-9390. Available at: <http://jhj.fik-unik.ac.id/index.php/JHJ/article/view/359>. Date accessed: 16 june 2021. doi: https://doi.org/10.1210/jhj.v7i1.359.