PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI BELIMBING MANIS DAN ALPUKAT TERHADAP KOLESTEROL PADA WUS DI PUSKESMAS MOJO KABUPATEN KEDIRI

  • Nikmatul Firdaus
  • Laily Vitria Adhitama

Abstract

Kolesterol merupakan senyawa lemak kompleks yang berada pada tiap sel didalam tubuh. Data survey pendahuluan sebesar 76 (50,7%) penderita dari 150 orang WUS di Desa Tambi Bendo Wilayah Kerja Puskesmas Mojo Kabupaten Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian belimbing manis dan alpukat terhadap kolesterol pada WUS di Desa Tambi  Bendo Wilayah Kerja Puskesmas Mojo Kabupaten Kedir.


Penelitian ini adalah Pre Eksperimental dengan Pretest-Posttest Design, yaitu dengan mengukur sebelum dan sesudah pemberian kombinasi belimbing manis dan alpukat sebanyak 100 gram untuk satu kali pemberian selama 7 hari. Data yang digunakan adalah data sekunder. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 orang WUS dengan besaran sampel 30 WUS dengan kolesterol. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik Total Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji parametrik t-berpasangan.


Berdasarkan hasil penelitian uji t-berpasangan diperoleh kadar kolesterol dengan nilai p-value = 0,000 dengan α = 0,05 maka p-value < α, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 artinya signifikan yaitu ada pengaruh pemberian kombinasi belimbing manis dan alpukat terhadap kolesterol pada WUS di Desa Tambi Bendo Wilayah Kerja Puskesmas Mojo Kabupaten Kediri.


Berdasarkan hasil penelitian diatas disimpulkan adanya pengaruh pemberian kombinasi belimbing manis dan alpukat pada WUS. Dari hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi peneliti selanjutnya untuk menambah total sampel dan bagi WUS terhadap kolesterol dengan menggunakan pengobatan non farmakologi yaitu pemberian kombinasi belimbing manis dan alpukat.

Published
2020-04-02
How to Cite
FIRDAUS, Nikmatul; ADHITAMA, Laily Vitria. PENGARUH PEMBERIAN KOMBINASI BELIMBING MANIS DAN ALPUKAT TERHADAP KOLESTEROL PADA WUS DI PUSKESMAS MOJO KABUPATEN KEDIRI. Java Health Jounal, [S.l.], v. 7, n. 1, apr. 2020. ISSN 2622-9390. Available at: <http://jhj.fik-unik.ac.id/index.php/JHJ/article/view/365>. Date accessed: 16 june 2021. doi: https://doi.org/10.1210/jhj.v7i1.365.