Analisa Biaya dan Efektivitas Penggunaan Bronkodilator Pada Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) Pasien Rawat Jalan Di RS. X Mojokerto

  • Tridoso Sapto
  • Yuneka Saristiana

Abstract

Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) merupakan penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan tetapi hanya menghilangkan gejala, sehingga pasien PPOK memerlukan biaya pengobatan yang besar dan harus mempertimbangkan efektivitas obat-obat yang digunakan. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) atau Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) adalah penyakit kronis paru-paru yang disebabkan oleh kerusakan paru-paru yang tidak bisa lagi disembuhkan. Penyakit tersebut telah banyak dilaporkan di Negara maju maupun Negara berkembang. Masalah yang sering ditemukan adalah pemilihan obat yang tepat untuk mengurangi gejalanya. Penggunaan obat-obat jangka panjang bagi pasien PPOK, perawatan rumah sakit dan tingginya angka kunjungan dokter, berdampak pada mahalnya biaya pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya pengobatan yang paling efektif sebagai bronkodilator yaitu Salbutamol dan teofilin pada pasien PPOK rawat inap bulan Januari-Desember di RS.X Mojokerto tahun 2019.


Penelitian ini dilakukan dilakukan secara cross sectional dengan pengambilan data secara retrospektif melalui penelusuran data sekunder yaitu rekam medik pasien dan billing pasien rawat inap bulan Januari- Desember di RS.X Mojokerto pada tahun 2019. Subyek Penelitian berjumlah 69 pada bulan Juni-Desember 2019.


Kriteria inklusi adalah pasien yang mendapatkan terapi obat salbutamol maupun teofilin. Efektivitas PPOK diukur dengan hasil test spirometri dengan nilai FEV antara 70% - 80%. Analisis efektivitas biaya diperoleh dengan menghitung nilai Average Cost Effectiveness Ratio (ACER).


Hasil penelitian menunjukkan bahwa salbutamol lebih cost effective dari pada teofilin dengan nilai persentase efektivitas berturut-turut sebesar 81,58% dan 74,19%, nilai ACER berturut-turut sebesar Rp. 24.593,92 dan Rp. 34.716,54. Jadi salbutamol lebih cost effective dibandingkan dengan

Published
2020-04-02
How to Cite
SAPTO, Tridoso; SARISTIANA, Yuneka. Analisa Biaya dan Efektivitas Penggunaan Bronkodilator Pada Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) Pasien Rawat Jalan Di RS. X Mojokerto. Java Health Jounal, [S.l.], v. 7, n. 1, apr. 2020. ISSN 2622-9390. Available at: <http://jhj.fik-unik.ac.id/index.php/JHJ/article/view/374>. Date accessed: 16 june 2021. doi: https://doi.org/10.1210/jhj.v7i1.374.