HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG PENCERAHAN PENULARAN HIV IBU KE ANAK (PPIA) DENGAN PEMANFAATAN PEMERIKSAAN HIV

  • Agung Nugroho Widhi
  • Mayasari Putri Ardela
  • Septini Ervina Dara
  • Sevia Indriani
  • Yeremiati Yeremiati

Abstract

Abstrak


Latar Belakang : Kasus hiv setiap tahun mengalami peningkatan, Pravelansi kasus baru HIV pada orang dewasa diperkirakan akan meningkat 74.000 tahun 2019 menjadi 102.000 di tahun 2030 demikian pula yang terjadi pada anak. Kasus hiv pada anak di indonesia sembilan puluh persen terjadi karena penularan dari ibu ke bayi. Penularan tersebut dapat dicegah jika ibu hamil sejak dini diketahui statusnya melalui tes hiv pada ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan,dan sikap ibu hamil di puskesmas Campurejo terhadap pemanfaatan pemeriksaan HIV. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional. Sampel berjumlah 31 orang diperoleh melalui teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kemudian dianalisis menggunakan Uji Chi-square. Hasil penelitian yang didapatkan pengetahuan ibu tentang penularan pencegahan HIV dari ibu ke anak masih kurang (41,9%). Sikap Setuju ibu hamil terhadap pencegahan penularan HIV ibu ke anak masih rendah (38,7). Ibu yang memanfaatkan pemeriksaan HIV (38,7%).Ada hubungan antara pengetahuan ibu hamil tentang pencegahan penularan HIV ibu ke anak (PPIA) dengan pemaanfaatan pemeriksaan HIV (p=0,004). Ada hubungan antara sikap ibu hamil tentang pencegahan penularan HIV ibu ke anak (PPIA) dengan pemaanfaatan pemeriksaan HIV (p=0,001) Dengan demikian disarankan kepada Tenaga Kesehatan Puskesmas Campurejo untuk mengoptimalkan sosialisasi kesehatan melalui kerjasama dengan instansi kesehatan swasta,kader,dan kelurahan dengan melakukan penyuluhan mengenai layanan pemeriksaan HIV, untuk meningkatkan niat ibu hamil dalam memanfaatkan pemeriksaan HIV di wilayah kerja Puskesmas Campurejo.

Published
2020-11-10
How to Cite
WIDHI, Agung Nugroho et al. HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG PENCERAHAN PENULARAN HIV IBU KE ANAK (PPIA) DENGAN PEMANFAATAN PEMERIKSAAN HIV. Java Health Jounal, [S.l.], v. 7, n. 2, nov. 2020. ISSN 2622-9390. Available at: <http://jhj.fik-unik.ac.id/index.php/JHJ/article/view/393>. Date accessed: 02 aug. 2021. doi: https://doi.org/10.1210/jhj.v7i2.393.