PERBEDAAN EFEKTIVITAS SENAM YOGA DAN ABDOMINAL STREACHING EXERCISE TERHADAP INTENSITAS DISMINORE PADA REMAJA PUTRI DI SMP KALIJAGA WATES KEDIRI

  • Weni Tri P.
  • Rahma Kusuma D.

Abstract

Dismenore merupakan nyeri pada abdomen yang dirasakan sesaat sebelum atau pada saat menstruasi dan mengganggu aktivitas perempuan. Dismenore dimulai saat perempuan berumur 1–3 tahun setelah menarche. Penanganan dismenorea ada 2 cara, terapi farmakologi dan terapi non farmakologi.Penelitian ini didasari oleh adanya masalah pada saat dismenore yang mengganggu aktivitas remaja putri di SMP Kalijogo yaitu sebesar 47,5%, sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perberdaan efektivitas senam yoga dan abdominal streaching exercise terhadap penurunan intensitas dismenore pada remaja putri di SMP Kalijogo Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Tahun 2015.


Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy eksperimen dengan pre post two group design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah Accidental Sampling.Instrumen yang digunakan adalah observasi. Hasil pre post dianalisa dengan menggunakan uji Willcoxon, sedangkan hasil post post dianalisa menggunakan uji Mann Whitney.


Hasil uji statistic menunjukkan bahwa nilai ρ value (0,015) < α (0,05), yang berarti ada pengaruh senam yogaterhadap penuruna intensitas dismenore, dan nilai ρ value (0,024) < α (0,05), yang berarti ada pengaruh abdominal streaching exercise terhadap penuruna intensitas dismenore. Hasil analisa kedua perlakuan menggunakan mann whitney tidak terdapat perbedaan efektifitas senam yoga dan abdominal streaching exercise terhadap penurunan intensitas dismenore pada remaja putri di SMP Kalijaga wates kediri tahun 2015.


Remaja putri yang mengalami dismenore diharapkan melakukan senam yoga atau abdominal streaching exercise untuk menangani atau mengatasi nyeri pada saat haid yang dapat mengganggu aktivitanya tanpa menggunakan obat kimia.

Published
2016-04-05
How to Cite
P., Weni Tri; D., Rahma Kusuma. PERBEDAAN EFEKTIVITAS SENAM YOGA DAN ABDOMINAL STREACHING EXERCISE TERHADAP INTENSITAS DISMINORE PADA REMAJA PUTRI DI SMP KALIJAGA WATES KEDIRI. Java Health Jounal, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 36, apr. 2016. ISSN 2622-9390. Available at: <http://jhj.fik-unik.ac.id/index.php/JHJ/article/view/76>. Date accessed: 20 apr. 2024.